KATY EXPO 2016

“KATY EXPO” merupakan rangkaian acara pengenalan dunia universitas bagi siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta sebagai salah satu program KATY Foundation. Acara ini  ditujukan untuk seluruh siswa dan keluarga SMA Negeri 1 Yogyakarta  dan diharapkan dapat menjadi wadah bagi siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta dalam mengenal dunia universitas dan dapat memotivasi siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta untuk meraih kesuksesan dalam menentukan langkah pendidikan selanjutnya. Tema acara ini adalah “Get Ready for The Future”.

Panitia KATY EXPO 2016

Format acara ini terdiri dari University Fair dan Talkshow. University fair yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Februari 2016 merupakan pameran jurusan/prodi dari berbagai universitas sehingga diharapkan siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta dapat menggali informasi jurusan/prodi dari stand-stand yang ada. Talkshow “Take the Chance and Make the Change” dilaksanakan keesokan harinya yaitu hari Minggu, 7 Februari 2016 bertujuan untuk menginspirasi siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta dan memperlihatkan bahwa masa depan tidak hanya dapat dilalui lewat satu jalan.

Sabtu, 6 Februari 2016

Kegiatan pada hari ini adalah University Fair, yang diisi oleh 4 (empat) universitas; UGM, UII, UNS, dan ITB. Pada pukul 8 pagi, pengisi stand sudah banyak yang datang dan mempersiapkan tempat. Antusiasme pengisi stand yang tinggi terlihat dari dekorasi dan properti yang mereka bawa.

Antusiasme peserta KATY EXPO 2016

Acara yang semula dimulai pada pukul 11 siang terpaksa harus diundur sampai jam 12.30 karena siswa dan siswi SMA 1 kelas XII harus mengerjakan soal latihan ujian nasional terlebih dahulu, namun hal itu tidak mengurangi antusiasme peserta maupun pengisi stand. Doorprize dibagikan dari waktu ke waktu, baik pengisi stand maupun peserta memiliki kesempatan untuk mendapatkan doorprize. Sekitar jam 2 siang, peserta kelas X dan XI mulai berdatangan. Banyaknya pengisi stand yang merupakan alumni SMA 1 menjadi salah satu daya tarik acara ini; peserta tidak malu-malu bertanya dan mengobrol. Beberapa peserta mengisi lembar kesan dan pesan, semua bernada positif dan ingin acara sejenis diadakan setiap tahun. Secara keseluruhan acara berjalan lancer dan mendapat sambutan positif baik dari peserta maupun pengisi stand.

Minggu, 7 Februari 2016

Rangkaian acara KATY Expo yang dilaksanakan hari ini adalah Talkshow dengan beberapa narasumber dan topik. Topik pendidikan diisi oleh Megarini Puspasari (KATY 2002) dan Akmal Irfan Majid (KATY 2009). Megarini Puspasari merupakan salah satu alumni yang berkuliah dan bekerja di Jepang, mengikuti beberapa kegiatan kemanusiaan, dan merupakan pendiri Hoshizora. Akmal Irfan Majid adalah orang yang memiliki kesuksesan akademis dan mendapat kesempatan untuk internship di Jerman.

Seminar oleh Megarini Puspasari (KATY 2002) dan Akmal Irfan Majid (KATY 2009)

Seminar oleh Onny Hendro Adhiaksono (KATY 87)

Topik entrepreneurship diisi oleh Onny Hendro Adhiaksono KATY 87, yang merupakan pengusaha di berbagai bidang dan telah meraup kesuksesan setelah perjuangan yang tidak kenal lelah. Bersamaan dengan Bapak Onny, Pamantu juga turut diundang untuk naik ke atas panggung untuk menceritakan kisah-kisah Bapak Onny semasa SMA. Tidak disangka, di hari Minggu yang seharusnya menjadi hari libur, cukup banyak peserta yang mengisi kursi. Saat diberi kesempatan untuk bertanya pun banyak yang ingin mengajukan pertanyaan, namun karena waktu yang terbatas, tidak semua penanya dapat kesempatan untuk mengungkapkan rasa penasarannya. Doorprize dibagikan bagi setiap penanya dan di akhir acara diberikan games untuk memenangkan Doorprize utama. Secara keseluruhan, acara Talkshow berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan yang berarti.

Write a comment