Nila Pangkaja – Le Bourgeois

Teladan Jadi Kaya dalam Sekejap, Ini Penyebabnya!

Dengan segala prestasi-prestasi yang telah diperoleh, SMA Negeri 1 Yogyakarta masih terus berupaya untuk mengembangkan sayapnya. Salah satunya adalah dalam bidang non-akademik, yakni kreativitas berkesenian khususnya teater. Untuk itu, Teater Nila Pangkaja sebagai bagian dari SMA N 1 Yogyakarta bermaksud menyelenggarakan Pagelaran 2017 – sebuah program tahunan khas yang pada tahun ini mengusung tema “Sense of Art”. Melalui Pagelaran inilah, kesenian sekaligus kebudayaan SMA Negeri 1 Yogyakarta dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Nila Pangkaja dengan visinya, berharap dapat mewujudkan prestasi yang mampu dinikmati dan bermanfaat bagi masyarakat umum. Pagelaran yang diupayakan menjadi sarana pengenalan dunia teater kepada masyarakat ini disuguhkan dalam sebuah pementasan.

 https://www.youtube.com/watch?v=n1GX0dxy1XM

Tahun 2017, Teater Nila Pangkaja menggandeng berbagai ekstrakulikuler kesenian lainnya, seperti Teladan Symphony Orchestra (TSO), seni karawitan, seni tari, dan seni beladiri untuk turut berpartisipasi dalam Pagelaran. Kolaborasi ini dimaksudkan untuk menampilkan potensi yang dimiliki siswa siswi SMAN 1 Yogyakarta di bidang seni melalui pagelaran teatrikal. Hal ini diharapkan mampu membawa kesuksesan yang lebih dari Pagelaran Nila Pangkaja sebelumnya.

Pagelaran 2017 mengangkat naskah karya Moliere yang disadur oleh N. Riantiarno dan diadaptasi dengan judul “Le Bourgeois”. Lelakon ini menceritakan pola hidup hedonisme yang semakin merajalela dan memberi peluang bagi siapa pun untuk berkaca kepada diri sendiri tanpa rasa curiga. Diiringi percikan humor yang diproyeksikan di atas pentas dengan balutan teatrikal, Teater Nila Pangkaja mengajak para penikmat teater segala usia untuk turut memeriahkan Pagelaran 2017 pada hari Minggu tanggal 30 April 2017.

 

Write a comment