Teladan Tumandang Vaksin, Kolaborasi Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta (KATY) dan FK-KMK UGM Laksanakan Vaksinasi Drive Thru Sasar 2000 pelajar dan 1000 masyarakat umum

Minggu, 29 Agustus 2021, Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta (KATY; Alumni SMAN 1 Yogyakarta) berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM (FK-KMK UGM) melaksanakan vaksinasi COVID-19 secara drive thru/ layanan tanpa turun kendaraan (lantatur) di Grha Sabha Pramana, UGM (GSP UGM) dengan tajuk “Teladan Tumandang Vaksin”.

Menurut, DrSudadidr. SpAn, KNA, KAR.selaku ketua Ikatan Dokter KATY menyampaikan bahwa ‘Teladan Tumandang Vaksin’ menyediakan kuota 3.000 dosis, 2000 diantaranya untuk pelajar mulai usia 12 tahun atau pada jenjang SMP, SMA/ SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta dan 1000 dosis untuk masyarakat umum dan keluarga alumni SMAN 1 Yogyakarta pada tahap I. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah untuk mengakslerasi vaksinasi COVID-19 agar nantinya tercapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Menurut survey BPS DIY tentang Perilaku Masyarakat pada Masa PPKM Darurat (Juli 2021) mayoritas masyarakat DIY (69,63%) memiliki kesadaran tinggi  bahwa vaksin penting untuk pencegahan dari penularan COVID-19. Hal tersebut dapat tercermin pada antusiasme masyarakat DIY untuk memperoleh vaksinasi di setiap sentra yang tersedia.

Penyelenggaraan “Teladan Tumandang Vaksin” dilaksanakan untuk merespon antusiasme pelajar dan masyarakat. Untuk mengefektifkan pelaksanaan, mempercepat proses dan mengurangi potensi kerumunan, vaksinasi ini dilaksanakan dengan lantatur/ drive thru setelah terlebih dahulu dilakukan screening online calon penerima vaksinoleh dokter-dokter dari FK-KMK UGM dan Ikatan Dokter KATY.

Ketua Panitia “Teladan Tumandang Vaksin”, drAgung Widianto, Sp.B-KBD menyampaikan bahwa dengan proses pendaftaran dan screening yang dilaksanakan online terlebih dahulu, calon penerima vaksin tinggal datang disuntik oleh tenaga Kesehatan dan tidak perlu turun dari kendaraan (mobil/motor). Setelah penyuntikan vaksin dilaksanakan observasi 15 menit kemudian penerima vaksin diperbolehkan pulang.

Dekan FK-KMK UGM, Prof. drOva Emilia, M.Med.ED, Ph.D, SpOG(K),  menyambut baik kolaborasi dengan KATY dalam “Teladan Tumandang Vaksin” dalam rangka upaya bersama untuk sinergis melakukan percepatan vaksinasi, dan mengedukasi masyarakat tentang vaksinasi aman, salah satunya dengan metode drive thru. “Teladan Tumandang Vaksin” ditinjau langsung Wakil Gubernur DIY Paku Alam X, dan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, yang merupakan alumni SMAN Teladan Yogyakarta. Pelaksanaan vaksin ini didukung Polri, segenap alumni SMA N 1 Yogyakarta, dan pihak-pihak terkait. Rencananya, “Teladan Tumandang Vaksin”  akan dilaksanakan vaksinasi tahap II pada tanggal 24 September (melanjutkan vaksinasi I, 29 Agustus 2021).

Write a comment